Penurunan Harga Picu Melonjaknya Permintaan Smartphone 5G – Ndongeng Media

  • Whatsapp

Jakarta, Ndongeng Media – Perusahaan riset IDC memperkirakan pengiriman smartphone mencapai level tertinggi dalam enam tahun terakhir. Menurut kajian IDC, pada akhir 2021, pengiriman mencapai 1,38 miliar unit, dengan segmen yang didorong oleh permintaan konsumen untuk perangkat 5G yang secara bertahap mulai turun harga.

Dalam sebuah pernyataan, IDC memperkirakan pengiriman tahun ke tahun 7,7 persen, tingkat pertumbuhan tahunan tertinggi sejak 2015. Tren ini diperkirakan akan berlanjut hingga 2022, dengan pertumbuhan 3,8 persen menjadi 1,43 miliar unit. IDC memperkirakan pengiriman model 5G akan meningkat hampir 130 persen pada 2021, dengan hampir semua wilayah di luar China mencatat pertumbuhan tiga digit.

Ryan Reith, VP program dengan IDC’s Worldwide Mobile Device Tracker, mencatat dorongan kuat dari sisi pasokan menuju 5G, dengan akibatnya harga turun. Perusahaan mengharapkan ASP Android turun 12 persen menjadi $ 456 tahun ini “dan kemudian di bawah $ 400 pada tahun 2022”, kata Reith, menambahkan Apple “akan terus merasakan tekanan harga”.

Permintaan yang lebih kuat untuk model 4G kelas bawah dan menengah di pasar negara berkembang juga disebut-sebut sebagai pendorong pengiriman tahun 2021. IDC menambahkan, pihaknya tidak mengharapkan pasar smartphone terkena dampak kekurangan chip global seperti industri lain termasuk otomotif, PC, dan berbagai kategori teknologi konsumen.

“Ponsel cerdas bersaing memperebutkan belanja konsumen dari pasar yang berdekatan seperti PC, tablet, TV, dan perangkat rumah pintar. Namun itu tidak memperlambat jalur pasar menuju pemulihan,” tambah Reith.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *