Review: HP Sony Xperia R1 Plus dan Harga Terbarunya

  • Whatsapp

Di tahun perilisannya, HP Sony Xperia R1 Plus hadir untuk mengisi kompetisi smartphone di kelas menengah. Hadirnya hp ini jadi andalan baru Sony untuk menarik minat para pencinta gadget tanah air.

Sony Xperia R1 Plus diklaim mengusung fitur-fitur menarik dari seri sebelumnya. Walau hadir di kelas menengah, hp ini dipersenjatai dengan spesifikasi mumpuni untuk bersaing dengan kompetitornya.

Sony Xperia R1 Plus memiliki desain yang keren di kelasnya, meski belum dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari, namun masih banyak keunggulan lain dari hp ini. Berikut akan dibahas spesifikasi HP Sony Xperia R1 Plus secara lengkap dengan kelebihan dan kekurangan serta harga terbaru.

Spesifikasi Lengkap HP Sony Xperia R1 Plus

Dikutip dari berbagai sumber, berikut spesifikasi dari HP Sony Xperia R1 Plus:

Tipe Tipe Smartphone
Shape Bar
 Rilis Tahun Rilis 2017
Bulan Rilis Oktober
Network Teknologi GSM/ HSPA/ LTE
Tipe 2G, 3G, 4G (LTE)
2G GSM :  850/ 900/ 1800/ 1900 – SIM 1 dan SIM 2
3G HSDPA : 850/ 900/ 1900/ 2100
4G (LTE) LTE
Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
Body Dimensi Ukuran 146 x 73.2 x 8.9 mm (5.75 x 2.88 x 0.35 in)
Berat 154 g (5.43 oz)
Material Kaca, Plastik
Pelindung Tidak Ada
SIM Dual SIM ( dual stand-by, Nano SIM)
Display Tipe IPS LCD capacitive touchscreen
Ukuran 5.2 inci (69.7% rasio layar ke body)
Resolusi 720 x 1280 pixels dengan 16 : 9 ratio (+/- 282 ppi pixel)
Pelindung Tidak Ada
Platform OS Android 7.1 (Nougat)
Chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 (28 nm)
CPU Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 505
Memory Card slot Ada, microSDXC
Internal 16 GB, 32 GB
RAM 2 GB, 3 GB
Jenis eMMC 5.1
Kamera Kamera depan 8 MP, predictive, PDAF
Kamera belakang 13 MP, predictive, PDAF
Tipe Kamera Single Camera
Resolusi Video [email protected]
Fitur LED flash
Sound Loudspeaker Ya
3.5mm jack Ya
COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspots
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
NFC Tidak
USB USB Type-C
GPS Ya, dengan A-GPS, GLONASS
Fitur Sensor Accelerometer, proximity
Pesan SMS, MMS, Email, IM, Push Email
Baterai Tipe Non-removable Li-Ion 2620 mAh
Charging
Lainnya Warna Black, Silver
Model G2299, 62199

Desain Bodi

HP Sony Xperia R1 Plus hadir dengan tampilan desain yang cukup menarik para pencinta gadget, mengusung desain yang elegan dan mewah. Di bagian bodi membawa desain dengan bahan material kaca dilapisi balutan plastik yang harus dilindungi dengan pelindung eksternal.

Sony Xperia R1 Plus memiliki dimensi ukuran 146 x 73.2 x 8.9 mm (5.75 x 2.88 x 0.35 in) dengan berat 154 gram dan layar yang harus diberi pelindung agar terhindar dari goresan. Ukuran layar tersebut agak sedikit tebal namun tetapi ringan dan nyaman digenggam serta dibawa kemanapun. Hp ini hadir dengan dua tipe warna yang menawan yaitu Black dan Silver.

Membawa desain dengan sudut tegas khas Sony membuat hp ini terlihat sempurna. Didesain dengan layar kaca melengkung 2.5 D yang terdapat bezel pada bagian depan layar untuk sensor kamera belakang. Di sisi belakang bodi dilengkapi dengan satu kamera dan lampu kilat LED yang terletak di pojok kanan atas.

Tampilan Layar

HP sony xperia r1 plus

Sebagai salah satu hal yang memengaruhi visual hp dan penggunanya, tak heran kalau kualitas layar yang bagus menjadi salah satu pertimbangan untuk membeli ponsel pintar. Sony Xperia R10 Plus hadir dengan mengusung layar berukuran 5.2 inci dengan panel layar IPS LCD capacitive touchscreen berteknologi TFT LCD yang didukung dengan 16M warna. Layar Sony Xperia R1 plus memiliki resolusi 720 x 1280 pixel dengan screen to body ratio yang ditawarkan sebesar 69,7% dan rasio aspeknya 16 : 9.

Layar Hp ini terbilang tidak terlalu tinggi namun tampilan gambar yang dihasilkan tetap tajam bahkan dengan grafis yang sangat halus. Sony juga menghadirkan fitur kerapatan layar sebesar 282 ppi yang ditambah dengan proteksi scratch resistant, jadi hp bisa menaham semua benturan atau goresan yang terjadi pada layar.

Satu hal yang menarik dari layar Sony Xperia R1 Plus yaitu telah dilengkapi dengan fitur notifikasi, jadi kalau ada panggilan masuk atau pesan lampu LED bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Layar yang cukup lebar, membuat Anda bebas mengakses aplikasi baik sosial media atau lainnya.

Kualitas Kamera

Salah satu keunggulan dari Sony adalah kamera yang berkualitas baik dan tidak kalah dari kompetitornya. HP Sony Xperia R1 Plus membawa 1 kamera utama di bagian belakang dengan resolusi 13 MP yang sudah dilengkapi dengan Predictive Phase Detection Autofocus dan LED Flash yang bisa menghasilkan foto dengan bagus. Selain itu juga dilengkapi dengan berbagai fitur seperti autofocus, geo-tagging, touch focus, dan face detection.

Pada kamera depan dibekali dengan sensor 8 MP yang mampu menghasilkan foto dengan kualitas bagus. Untuk para pencinta selfie, kamera depan Sony Xperia R1 Plus masih layak diandalkan.

Hasil jepretan kamera diklaim masih cukup bagus baik saat digunakan di dalam atau di luar ruangan. Kamera hp ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kemampuan resolusi video [email protected], resolusi tersebut akan menghasilkan video dengan kualitas yang jernih dan tajam khas Sony. Selain itu, kameranya didekorasi dengan beberapa khas Sony yaitu Predictive Hybrid Autofocus, 8x clear zoom dan 12 mode pengambilan yang telah ditetapkan.

Kapasitas Baterai

Baterai dengan kualitas yang oke menjadi salah satu pertimbangan saat hendak membeli ponsel baru karena perannya sebagai sumber daya, juga sebagai penyuplai tenaga di setiap komponen di dalam ponsel. HP Sony Xperia R1 Plus dibenamkan dengan baterai berkapasitas 2630 mAh yang berjenis Li-Ion. Kapasitas tersebut sudah mencukup pemakaian normal, tidak terlalu besar namun tetap memadai.

Performa

Sony Xperia R1 Plus didukung dengan performa dan kinerja perangkat yang berkualitas seperti RAM, prosessor dan lain sebagainya. Pada hp ini dibekali dengan chipset Snapdragon 430 (28 nm). Untuk mendukung kinerja dapur pacunya dipadukan GPU Adreno 505 yang berfungsi sebagai pendukung kualitas grafis hp. Juga dijalankan dengan sistem operasi Android 7.1 (Nougat)

Untuk mengimbangi kualitas kinerja yang baik, HP Sony Xperia R1 Plus dibekali dengan RAM 2 GB dan 3 GB dengan penyimpanan internal 16 GB dan 32 GB. Jika merasa kurang dengan penyimpanan internal, Anda bisa menambah ruang dengan microSD yang slot yang disediakan Sony. Kapasitas RAM yang cukup besar cukup jika digunakan untuk aktivitas multitasking seperti chatting dan menonton video.

Kelebihan dan Kekurangan HP Sony Xperia R1 Plus

HP sony xperia r1 plus

Kelebihan:

  1. Di saat rilis Sony Xperia R1 Plus memberi jaringan koneksi internet 4G LTE dengan Cat4 yang lebih cepat dan hemat kuota.
  2. Sudah menggunakan sistem operasi Android 7.1 Nougat.
  3. Dilengkapi dengan kamera 13 MP dan 8 MP pada kamera depan yang sudah mendukung fitur Predictive Phase Detection Autofocus.
  4. Didukung dengan RAM 3 GB dan Snapdragon 430 octa-core 1.4 GHz.

Kekurangan:

  1. Pada kamera depan tidak tersedia LED Flash
  2. Belum dilengkapi dengan fitur fingerprint
  3. Baterai belum didukung dengan fast charging.
  4. Resolusi layar belum mendukung Full HD

Baca juga: Review HP Sony Xperia XZ3 dan Harga Terbaru

Harga HP Sony Xperia R1 Plus

Di awal rilis HP Sony Xperia R1 Plus dijual dengan kisaran harga Rp 3.000.000an sesuai dengan besar RAM yang dipilih. Harga jual terbaru berkisar Rp 2.000.000an. Harga yang dibandrol tersebut dinilai sepadan dengan spesifikasi dan fitur-fitur yang disematkan pada Sony Xperia R1 Plus.

Demikian informasi mengenai spesifikasi lengkap HP Sony Xperia R1 Plus dengan kelebihan dan kekurangannya serta harga terbaru. Meski belum mengadopsi fitur fingerprint tapi hp ini masih mumpuni di kelasnya. HP Sony harga 2 jutaan ini bisa Anda gunakan sebagai media hiburan seperti menonton video dengan layar yang menarik. Apakah Anda berminat untuk membelinya?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *