Chip Apple M1 Rentan Keamanan dan Hampir Tidak Mungkin Diperbaiki – Ndongeng Media

  • Whatsapp

Jakarta, Ndongeng Media – Sebelumnya Craig Federighi, Wakil Presiden Senior Apple untuk Perangkat Lunak. mengungkapkan macOS memiliki masalah malware sendiri, dan saat ini sistem operasi macOS di perangkat Mac memiliki malware yang cukup banyak jika dibandingkan dengan sistem operasi iOS.

Kini, peneliti bernama Hector Martin mengungkapkan chip M1 celah keamanan yang rentan.

Martin menemukan kerentanan, yang dijuluki M1RACLES, saat mengerjakan proyek Linux ke port Linux untuk berjalan di Apple M1. Martin telah membuat situs web untuk membagikan detail tentang kerentanan.

Dikutip dari Techradar, menurut peneliti itu celah kerentanan ini ada di tingkat hardware chip M1 dan dinyatakan tidak bisa diperbaiki. Namun, sementara ringkasan eksekutif bug tersebut membuat bug ini tampak seperti bug yang signifikan, Martin mengklarifikasi bahwa itu tidak menimbulkan ancaman sama sekali

Celah ini memungkinkan dua aplikasi dapat bertukar data secara diam-diam tanpa menggunakan fitur sistem operasi normal. Untungnya, celah tersebut tidak menimbulkan risiko yang membahayakan.

Menurut Martin, celah ini tidak dapat digunakan oleh hacker untuk mengambil alih perangkat ataupun mencuri informasi pengguna. Namun, celah ini dapat digunakan pengiklan untuk melacak data lintas aplikasi di perangkat.

Celah ini juga akan memengaruhi semua perangkat M1 dan seri iPhone 12 yang didasarkan pada mikroarsitektur CPU yang sama dengan M1.

Martin menjelaskan bahwa kerentanan adalah hasil dari keputusan sadar di pihak Apple yang menurutnya memutuskan untuk merusak spesifikasi Arm dengan menghapus fitur wajib, karena mereka tidak perlu menggunakan fitur itu untuk macOS.

Baca Juga:Apple Sebut Mac Mudah Disusupi Malware

Meskipun sangat sedikit yang dapat dicapai dengan mengeksploitasi kerentanan ini. Martin mengatakan bahwa Apple harus melakukan perubahan pada level silikon ke M1 untuk mengurangi kekurangan ini.

Dia menyarankan bahwa bug dapat dikurangi di mesin virtual (VM) , karena register masih merespons kontrol akses terkait VM, tetapi sekali lagi menambahkan bahwa pengguna harus khawatir tentang masalah keamanan umum lainnya seperti malware , daripada bug M1RACLES.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *