Tips Mengetahui Apakah Seseorang Memata-Matai Ponsel Anda – Ndongeng Media

  • Whatsapp

Jakarta, Ndongeng Media – Ponsel pintar modern sangat menarik. Komputer kecil ini memiliki daya cukup untuk menyimpan seluruh kehidupan digital kita. Dan jika sudah tidak muat menyimpan di telepon, pasti cocok di cloud.

Semua musik, gambar, dan chatting di dalam gadget menjadi sasaran mata-mata oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Ada banyak mata-mata yang mungkin perlu dikhawatirkan. Sebagai permulaan, peretas dan penyerang digital lainnya ada di luar sana mencoba mendapatkan informasi pribadi anda.

Kemudian anda juga harus khawatir tentang pacar yang cemburu, pemilik ponsel anda sebelumnya, orang tua, dan bahkan pemerintah. Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa ponsel yang kita gunakan sedang dimata-matai.

Apakah seseorang memata-matai saya

Bagaimana anda bisa tahu ketika seseorang memata-matai ponsel atau tablet Android anda. Ini sedikit rumit, tetapi ada beberapa tanda bahaya yang dapat anda perhatikan. Mari tunjukkan beberapa di antaranya.

  1. Masalah kinerja

Spyware terus bekerja untuk mendapatkan data anda. Inilah sebabnya mengapa perangkat sering menjadi lambat saat menjalankan perangkat lunak licik ini di latar belakang. Khawatir jika ponsel anda tiba-tiba mengalami penurunan kinerja tanpa alasan yang jelas, mungkin ini juga bisa disebabkan oleh masalah lain.

  1. Daya tahan baterai tiba-tiba menurun

Memperhatikan bahwa ponsel tidak bertahan lama seperti saat pertama kali dibeli adalah normal. Baterai mulai mati seiring waktu. Plus, anda mungkin membuang lebih banyak pekerjaan pada perangkat saat anda terus memperluas koleksi aplikasi anda. Namun penurunan tiba-tiba dalam masa pakai baterai tidak normal.

Perangkat lunak pelacakan dapat memakan banyak sumber daya. Ini bekerja di latar belakang, menjalankan GPS anda, dan melakukan hal-hal lain terkadang sepanjang waktu.

Pengurasan baterai yang tidak terduga dapat berarti seseorang sedang melacak perangkat anda, atau hal lain di ponsel anda yang menarik semua data yang ada. Periksa tautan di bawah untuk melihat apakah ponsel anda bisa mati karena alasan selain mata-mata.

  1. Periksa data berharga anda

Aplikasi pelacakan akan mencoba memperbarui penyerang secara konstan. Ini berarti akan membutuhkan banyak data. Apakah anda memperhatikan penggunaan yang tidak biasa dari kumpulan data mungkin bisa menjadi alasan mengapa ini terjadi.

Ini sangat buruk karena pelanggan data tak terbatas seringkali terhambat setelah menggunakan sejumlah data. Selain itu, anda mungkin masih menggunakan paket data terbatas, yang akan memperburuk situasi.

Cara memeriksa penggunaan data:

  • Buka aplikasi Pengaturan ponsel anda.
  • Pilih Jaringan & internet.
  • Buka Seluler untuk melihat berapa banyak kuota yang anda gunakan.
  • Anda dapat mengakses lebih banyak detail dengan masuk ke penggunaan data Seluler.
  • Anda dapat melihat lebih banyak detail dan bahkan memeriksa berapa banyak data yang digunakan setiap aplikasi.
  1. Suhu tiba-tiba naik

Apakah ponsel anda menjadi terlalu panas ini normal selama sesi game hard-core atau saat mengisi daya, tetapi ini tidak boleh terjadi saat ponsel anda dalam keadaan idle, duduk di saku, atau melakukan tugas-tugas ringan. Jika anda memperhatikan suhu yang tidak biasa pada ponsel anda, itu mungkin anda menjadi korban mata-mata.

  1. Mendengar sesuatu

Terkadang telepon yang dimata-matai mengeluarkan suara aneh selama panggilan. Ini dapat mencakup derau putih, bip, atau gema sederhana. Tentu saja, kita semua terkadang mendapat sambutan yang buruk, tetapi itu seharusnya tidak menjadi kebiasaan.

  1. Ponsel menyala dan mati

Tanda-tanda biasa lainnya bahwa perangkat anda mungkin telah disusupi adalah boot dan shutdown acak. Sekarang, jangan terlalu khawatir dengan yang satu ini, karena beberapa ponsel buggy terkadang melakukan ini, tetapi tetap buka mata anda untuk petunjuk lain jika anda melihat jenis perilaku aneh ini.

  1. Pesan aneh

Apakah anda mendapatkan beberapa pesan teks yang aneh. Mungkin yang memiliki banyak huruf dan angka yang tampak seperti kode. Mungkin hanya obrolan acak dari nomor tak dikenal. Mereka bisa menjadi apa saja.

Penyerang sering menggunakan ini untuk berkomunikasi dengan perangkat dan memberinya perintah. Jika penyerang membutuhkan lokasi anda, misalnya, dia dapat memintanya dengan mengirimkan pesan dengan kode yang telah ditentukan sebelumnya.

  1. Ada aplikasi aneh di sekitar

Pernahkah anda memperhatikan beberapa aplikasi aneh muncul entah dari mana ini bisa berupa malware atau spyware, yang sering kali dapat mengunduh dan memasang aplikasi di smartphone anda tanpa persetujuan.

  1. Apakah ponsel anda melakukan sesuatu yang seharusnya tidak dilakukan

Lampu notifikasi, suara, dan pengaktifan layar adalah normal, tetapi tidak boleh melihat hal-hal ini terjadi padahal seharusnya tidak. Anda harus khawatir jika ponsel anda menunjukkan tanda-tanda aktivitas ketika tidak ada yang terjadi. Jika layar anda menyala atau ponsel mengeluarkan suara, dan tidak ada pemberitahuan yang terlihat, ini mungkin pertanda seseorang sedang memata-matai anda.

  1. Masalah mematikan atau memulai ulang

Peretas dapat membuat mematikan atau memulai ulang ponsel menjadi rumit. Beberapa spyware bahkan dapat mencegah tindakan tersebut.

  1. Entri riwayat browser yang aneh

Periksa riwayat browser anda dan lihat apakah ada yang aneh di sana. Lebih khusus lagi, coba lihat apakah ada sesuatu di sana tentang perangkat lunak mata-mata telepon. Seseorang mungkin telah menggunakan browser anda sendiri untuk mengunduh spyware.Demikian pula, orang yang ingin mencuri data pribadi anda mungkin juga melihat-lihat situs web untuk melihat apa yang dapat mereka ambil.

Bagaimana cara melawan aplikasi mata-mata dan pelacakan

Mungkin anda mungkin telah menginstal beberapa aplikasi spyware pada telepon anda  sekarang bagaimana rasa khawatir anda apakan sudah merasa aman atau tidak. Mungkin ini cara lain untuk melindungi ponsel anda dari mata-mata.

  1. Hindari rooting ponsel dan unduhan aplikasi tidak resmi

Google Play Store melakukan yang terbaik untuk membuat anda tetap aman, dan melakukannya dengan cukup baik, tetapi ingat, bahwa anda adalah pengguna Android. Maka anda dapat dengan mudah menginstal aplikasi pihak ketiga dan berisiko mengalami gangguan. Beberapa pengguna juga membutuhkan lebih banyak kebebasan, dan mereka bisa mendapatkannya.

Memiliki ponsel yang di-rooting tentu merupakan nilai tambah bagi sebagian dari kita, tetapi memiliki risiko yang serius. Pengguna root memiliki kemampuan untuk menggali ke dalam sistem dan memodifikasi kodenya.

Hal ini dapat membuat sangat sulit untuk memerangi spyware. Ingat Avast, keamanan seluler mereka dapat menginstal perangkat lunak pelacakan ponsel mereka langsung ke file sistem, membuat solusi mereka bertahan bahkan pengaturan ulang data pabrik. Mereka melakukannya demi keamanan anda, tetapi siapa bilang peretas tidak akan melakukannya karena alasan yang berlawanan.

Kami menyarankan anda untuk tidak melakukan root pada ponsel kecuali anda merasa sangat yakin dengan apa yang anda lakukan. Anda juga harus mempertimbangkan untuk membatalkan root ponsel anda jika sudah ada.

  1. Coba temukan aplikasi secara manual

Apakah anda yakin seseorang sedang memata-matai ponsel anda. Langkah pertama adalah mencoba dan secara manual menemukan file atau aplikasi yang mencurigakan. Anda dapat menggunakan pengelola file apa pun untuk melakukan ini. Anda juga dapat melihat di daftar aplikasi anda.

Dan ingat, orang-orang ini mencoba untuk menjaga semuanya tetap rendah, jadi kemungkinan aplikasi tidak hanya mempromosikan nama asli dan logonya. Itu bisa disamarkan sebagai sesuatu yang lain, seperti aplikasi notepad. Masuk saja ke sana dan lihat apakah ada sesuatu yang tidak biasa, dan jika anda tidak ingat menginstalnya anda sebaiknya segera menghapusnya.

  1. Hapus aplikasi mencurigakan

Spyware sulit ditemukan itu juga sulit untuk dibersihkan. Satu-satunya cara untuk memastikan semuanya hilang adalah dengan menyeka ponsel hingga bersih dan memulai yang baru lagi. Mungkin ini cara yang ampuh untuk melakukan ini setiap kali anda mendapatkan perangkat baru dibeli dari seseorang. Tidak peduli apakah ponsel sepertinya sudah disetel ulang namun, anda melakukannya lagi.

Cukup lakukan reset data pabrik, dan ponsel akan berada dalam keadaan yang sama seperti saat dihidupkan untuk pertama kalinya setidaknya dari segi perangkat lunak. Ingatlah ini akan menghapus semuanya, jadi ingatlah untuk membuat cadangan yang baik.

  1. Gunakan aplikasi anti-virus

Banyak yang percaya aplikasi anti-virus itu palsu, dan meskipun ini benar, itu tidak selalu terjadi. Sangat jarang mendapatkan perangkat lunak berbahaya di ponsel anda jika anda tetap berada dalam jangkauan perlindungan Google, tetapi kenyataannya aplikasi ini berpotensi membantu memerangi mata-mata dan pelacakan.

  1. Menjaga ponsel Anda tetap terlindungi

Ponsel anda adalah barang yang sangat pribadi. Jangan biarkan sembarang orang masuk dan berkeliaran seperti open house. Bawa selalu ponsel anda dan lindungi dengan baik dari mata orang asing. Anda dapat melakukannya dengan melindungi layar kunci kata sandi, pin, sidik jari, dll.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *