Apjatel Sambut Baik Langkah PLN Masuk ke Bisnis Internet Broadband – Ndongeng Media

  • Whatsapp

Jakarta, Ndongeng Media – PLN melalui anak usahanya, PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) meluncurkan layanan fixed broadband internet bernama Iconnet.

Muhammad Arif, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi Indonesia (Apjatel) mengungkapkan, langkah PLN memperluas lini usahanya pada penyedaiaan layanan internet merupakan langkah tepat.

“Kalau kita menggunakan kaca mata masyarakat, tentu PLN atau siapapun itu, atau operator manapun yang menghadirkan penetrasi boardband maka sangat bagus. Semakin banyak penetrasi ke wilayah yang belum terjamah internet itu ada keuntunganya sendiri bagi masyarakat, artinya secara otomatis semakin banyak yang terlayani,” kata Arif kepada Selular, Rabu (2/6).

Baca juga:Komersialisasi 5G Mulai ‘Menyapa’, Perluasan Sinyal 4G Digenjot hingga Ujung Negeri

Lebih lanjut, Arif berpandangan Iconnet bisa mengelar layananya di luar kota-kota besar, yang sudah penuh dengan persaingan fixed broadband internet.

“Seharusnya layanan internet dari PLN ini, dengan segala kekuatan yang dimiliki tentunya tidak lagi bermain di kota-kota besar saja, tetapi sekalian saja yang jauh ke daerah-daerah, sehingga lebih bermanfaat karena berperan terhadap penetrasi internet, dan tidak hanya menambah persaingan saja,” lanjut Arif.

Lalu dari sisi persaingan, kompetitor penyedia layanan internet lainnya seperti IndiHome milik PT Telkom Indonesia Tbk (Persero), First Media, Biznet, dan lainnya tidak perlu merasa khawatir.

“Karena penetrasi boarband internet itu enggak jauh dari 15 persen, jadi saya fikir tidak perlu kawatir karena masih luas. Terlebih apabila PLN itu penetrasi ke area-area yang baru, menurut saya malah semakin bagus, tidak perlu khawatir dengan pemain yang sudah ada sebelumnya di kota-kota besar, jadi tidak semacam tabrakan,” tuturnya.

Baca juga: Berikut Fakta yang Perlu Diketahui Soal 5G Telkomsel

Lalu hadirnya PLN dengan menawarkan layanan internet juga menjadi angin segar tersendiri, ditengah layanan fixed broadband internet sudah ada sejauh ini.

“Jadi bagaimana pun juga layanan yang bagus itu butuh pebanding, jadi baik buruk sebuah layanan yang disajikan bisa terlihat oleh masyarakat, dan masyarakat pun akan memiliki opsi untuk memilih sesuai kebutuhan mereka,” papar Arif.

Disamping itu memang pengguna fixed broadband internet di Indonesia pada 2020, tercatat meningkat dari 12% menjadi 15%, hal ini menjadi peluang bagi Iconnet untuk dapat berkontribusi pada pasar fixed broadband internet.

PLN untuk mengekspansi lini usahanya ke layanan internet juga tidak bisa terelakan, karena bagian dari cara perusahaan untuk bertransformasi.

Baca juga: Rekomendasi Smartphone yang Dukung Layanan 5G Telkomsel

Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, dalam keterangan resminya mengungkapkan, “PLN membangun jaringan listrik hingga ke seluruh pelosok negeri, dan akan kami ekspansi dengan jaringan internet. Ke depan, tentunya dimana ada listrik, disitu ada Iconnet,” jelas Zulkifli.

“Dengan sinergi antar anak perusahaan, PLN yakin dapat mewujudkan cita-cita yang mulia ini melalui Iconnet, layanan Internet yang reliable (andal), affordable (terjangkau), unlimited (tanpa batas), tentunya siap bersaing dengan kompetitor atau penyedia layanan internet lainnya.” ungkap Zulkifli

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *