Tiga Produsen Chipset Tengah Persiapkan Wi-Fi 7

  • Whatsapp

Jakarta, Ndongeng Media – Perusahaan pembuat chipset seperti Qualcomm, MediaTek, dan Broadcom dikabarkan telah memasuki tahap awal untuk pengembangan chipset Wi-Fi 7, yang merupakan penerus chip Wi-Fi 6. Mengutip laporan dari DigiTimes, kabar itu datang dari sumber industri yang dekat dengan masalah tersebut.

Semua perusahaan ini telah diketahui memasok chip nirkabel ke berbagai OEM lainnya, termasuk pembuat PC dan laptop seperti Asus, Acer, HP, dan lainnya. Chip ini juga diharapkan tiba di smartphone, tablet, hingga produk lain seperti router WiFi. Nantinya, Wi-Fi 7 diprediksi bakal menyajikan kecepatan transfer data nirkabel yang lebih mumpuni. Sayangnya, informasi detail terkait pengembangan ini belum beredar luas.

Selain itu, WiFi 7 juga dapat menggabungkan beberapa spektrum, dan juga akan memberikan pengalaman kualitas yang lebih tinggi. Tetapi, jangan terlalu berharap agar teknologi ini bakal diperluas dengan cepat. Seperti yang sudah dibuktikan oleh Qualcomm kala itu, butuh waktu 2-3 tahun untuk memperluasnya ke segala penjuru.

WiFi 7 kemungkinan besar akan menjadi nama komersial dari standar 802.11be di masa depan. Dibandingkan dengan 8 aliran data WiFi 6, WiFi 7 akan mendukung 16 aliran data serta teknologi CMU-MIMO. Diantaranya, C adalah singkatan dari Coordinated, yang berarti bahwa 16 aliran data mungkin tidak disediakan oleh satu titik akses, melainkan oleh beberapa titik akses pada saat yang bersamaan.

Baca juga:Review Oppo A54: Smartphone Rp2 Jutaan yang Kaya Fitur, Cocok Untuk Multitasking

Lebih lanjut, WiFi 7 juga disinyalir akan memperkenalkan pita frekuensi 6GHz baru. Tiga pita frekuensi bakal bekerja secara bersamaan, serta akan memperluas lebar saluran tunggal dari 160MHz WiFi 6 menjadi 320MHz.

Kemudian, WiFi 7 juga akan mengupgrade metode modulasi sinyal menjadi 4096QAM agar memiliki kapasitas data yang lebih besar. Sehingga kecepatan akhir bisa mencapai 30Gbps, yaitu tiga kali lipat dari kecepatan jaringan WiFi 6 yang saat ini sebesar 9,6Gbps.

Sekedar mengingatkan, Snapdragon 685 adalah salah satu chip pertama yang mendukung teknologi WiFi 6. Oleh karenanya, teknologi Wi-Fi 6 menjadi sangat popular sejak teknologi itu mulai muncul di berbagai produk pada tahun lalu. Saat ini, ada banyak sekali router nirkabel yang mendukung Wi-Fi 6.

Baru-baru ini, wakil presiden Qualcomm, Rahul Patel, mengungkap bahwa Qualcomm telah memiliki produksi yang matang di lini produk WiFi 6 dalam dua tahun terakhir, termasuk smartphone, PC, dan router. Lini produknya pun sangat luas. Sementara itu, WiFi 6E sudah diproduksi sejak semester kedua tahun lalu.

Tonton juga video di bawah ini:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *