Cara Kirim Foto Hires di Facebook Messenger – Ndongeng Media

  • Whatsapp

Jakarta, Ndongeng Media – Jika Anda menggunakan Facebook Messenger setiap hari, mungkin Anda sudah tahu bagaimana gambar yang Anda kirim melalui Messenger dikompresi sedemikian rupa sehingga kualitasnya menurun signifikan.

Lalu apakah ada cara untuk mengirim foto beresolusi tinggi melalui Messenger? Dan seberapa tepatnya Messenger mengompres foto Anda?

Ternyata, itu sangat tergantung pada perangkat Anda dengan perbedaan besar antara iPhone dan ponsel Android. Menariknya, jika Anda menggunakan iPhone, Messenger akan mengecilkan ukuran foto Anda ke resolusi 2K, sedangkan jika Anda menggunakan ponsel Android, Anda mendapatkan setengah kualitas itu, yakni hanya 1K.

Ukuran file sebenarnya yang Anda dapatkan saat mengirim gambar di Messenger adalah sekitar 400KB di iPhone dan hanya 100KB di ponsel Android, tetapi penyimpanan tidak jadi soal saat ini karena ponsel modern kerap dilengkapi dengan penyimpanan 64GB atau lebih.

Kompresi foto Facebook Messenger

  • Ponsel Android 960p (1K), ukuran file rata-rata 100KB
  • iPhone 2048p (2K), ukuran file rata-rata 400KB

Lalu bagaimana cara mengirim foto dengan kualitas lebih tinggi melalui Messenger?

Dulu ada opsi untuk mengirim foto HD, tetapi sekarang sudah dihapus dari aplikasi, jadi jawabannya tidak ada.

Solusi Android

Namun, ada satu solusi yang bisa digunakan untuk mendapatkan setidaknya foto yang sedikit lebih tinggi di ponsel Android. Solusinya adalah menginstal Facebook Lite.

Ya, versi Facebook yang lebih ringan yang dimaksudkan untuk menghemat data dan bekerja pada ponsel yang terjangkau, malah bisa mengirim foto 2K secara default.

Sayangnya, mulai tahun 2021, tidak ada cara untuk mengirim foto dalam ukuran file aslinya melalui Messenger. Jadi Anda perlu menggunakan aplikasi lain untuk pekerjaan itu. Salah satu aplikasi yang populer di beberapa bagian dunia adalah instant messenger Viber, yang memiliki opsi “ukuran file asli”.

Anda juga bisa mengirim foto dalam ukuran file aslinya di Whatsapp. Caranya, Anda harus memilih gambar yang ingin dibagikan di aplikasi Foto, lalu menyimpannya ke File, dan setelah itu, di Whatsapp, pilih “Kirim dokumen”, jadi bukan mengirim foto.

Setelah memilih opsi itu, Anda bisa mengirim foto dalam ukuran aslinya dengan mudah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *