Demi Keamanan, Empat Perusahaan Sepakat Garap Ekstensi Browser – Ndongeng Media

  • Whatsapp

Jakarta, Ndongeng Media – Tim pengembang browser di Apple, Google, Mozilla, dan Microsoft bekerja sama untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Hal ini dilakukan demi memberikan pengalaman keamanan dan melindungi pengguna dari malware yang tersebar di browser.

Keempat perusahaan tersebut mengumumkannya dalam World Wide Web Consortium (W3C), sekaligus membentuk WebExtensions Community Group (WECG). Dengan forum ini, diharapkan perusahaan dapat memudahkan developer dalam membuat browser extension sesuai standar masing-masing aplikasi. Grup ini juga diharapkan dapat menjembatani masing-masing perbedaan antar browser untuk para pengembang.

Lebih jelasnya keempat organisasi ingin mengembangkan standar web untuk ekstensi browser, standar yang akan dipandu oleh seperangkat prinsip desain HTML dan W3C TAG bersama.

Forum akan membuat standar API dan fungsionalitas extension di seluruh browser. Ini berarti, pengembang akan lebih mudah membuat extension untuk berbagai browser.
Lebih lanjut, extension sangat penting untuk browser di PC atau laptop. Software berukuran mungil ini mampu memblokir iklan, menyimpan password, menghapus kode yang mampu melacak di internet, dan masih banyak lagi. Beberapa software yang bisa digunakan seperti Internet Download Manager untuk mengunduh file ataupun Google Docs untuk melihat dokumen. Namun karena masing-masing browser memiliki perbedaan, kecil kemungkinan pengembang extension akan merilis code untuk peramban yang jarang dipakai.

Baca Juga:Kebijakan Privasi Baru Google Persulit Pengiklan Melacak Pengguna Android

Saat ini, Google Chrome menjadi browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia. Itu berarti ekstension kemungkinan bakal banyak dibuat pengembang untuk pengguna Chrome.

Sayangnya, forum tersebut masih belum memberikan timeline kapan memperkenalkan draf standar atau membangunnya ke dalam browser.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *