Apple Resmi Kenalkan iOS 15, Ini Deretan Fitur Barunya

  • Whatsapp

Jakarta, Ndongeng Media – Apple akhirnya secara resmi memperkenalkan IOS 15 melalui acara tahunan developer yaitu Konferensi Pengembang Worldwide Developer Conference 2021 (WWDC) kemarin, pada Senin (7/6/2021).

iOS 15 membawa beberapa fitur baru didalamnya. Lantas, apa sajakah itu? Berikut deretan fitur terbaru yang dimaksud:

iOS 15 FaceTime

Fitur baru pertama yang dibawa iOS 15 yaitu beberapa fitur baru untuk FaceTime, yang kelak dapat membantunya bersaing dengan layanan serupa seperti contohnya layanan Zoom.

Versi baru FaceTime akan menghadirkan teknologi audio spasial ke panggilan video waktu nyata. Dengan bantuan beberapa mikrofon dan algoritma pemrosesan audio internal, hal itu dapat membuat panggilan video menghasilkan efek medan suara yang lebih realistis.

Selain itu, FaceTime juga memiliki “Voice Enhancement Mode”, yang menutupi kebisingan latar belakang melalui algoritme, dan dapat memperoleh suara yang jernih bahkan di lingkungan bising sekalipun.

FaceTime versi baru juga akan mendukung auto beautification dalam video, dan hasil yang baik juga bisa didapatkan di video multiplayer, seperti halnya menggunakan kamera untuk mengambil gambar.

Selanjutnya, pengguna juga dapat membuat tautan panggilan video eksklusif serta mendukung berbagi ke obrolan, kalender, dan email. Tak hanya itu, tautan ini juga mendukung pembukaan melalui browser komputer di perangkat Android dan Windows.

Tersemat juga SharePlay yang memungkinkan pengguna untuk berbagi video, musik, dan layar yang sedang diputar. Apple bekerja sama dengan Disney, Hulu, HBO Max, dan NBA untuk mendukung menonton sumber daya online dari platform ini dan membagikannya dengan teman-teman selama video FaceTime.

iOS 15 Notifikasi

iOS 15 telah meningkatkan fungsi notifikasi dan menghadirkan antarmuka notifikasi baru. Avatar kontak dan ikon Aplikasi menjadi lebih besar, sehingga memudahkan pengguna untuk mengidentifikasinya.

Apple juga memperkenalkan mode ringkasan notifikasi untuk iOS 15. Ringkasan notifikasi dapat tersedia untuk pengguna secara berkelompok sesuai dengan waktu yang ditetapkan pengguna. Melalui mode tersebut, kini rangkuman notifikasi yang masuk ke ponsel bisa diterima pengguna kapanpun mereka mau.

Kemudian, apabila fitur Do Not DIsturb (DND) aktif, maka pengguna lainnya akan bisa melihat status di aplikasi Messages bahwa pengguna tersebut tidak ingin diganggu atau sedang sibuk.

Pengguna juga bisa mengubah status “Focus” untuk menyatakan bahwa mereka tengah melakukan sebuah kegiatan, misalnya bekerja, membaca, atau berolahraga. Nantinya, Focus bakal menyesuaikan notifikasi dan tampilan home screen sesuai dengan kegiatan yang sedang dilakukan.

Selain itu, iOS 15 menambahkan mode fokus dan mendukung penyesuaian status yang berbeda. Setiap negara bagian dapat menampilkan gaya notifikasi yang berbeda dan mendukung sinkronisasi dengan perangkat lain.

iOS 15 FOTO

Apple telah membawa fungsi teks langsung ke aplikasi foto. Fitur ini dapat secara otomatis melakukan OCR pada aplikasi kamera. Saat pengguna mengarahkan kamera ke teks, teks akan muncul secara otomatis, mendukung pemilihan bebas, penyalinan, dan penempelan. Pengguna juga dapat melakukan operasi ini pada foto yang ada.

Fitur ini menggunakan “jaringan saraf dalam” untuk memindai foto  seluruh sistem dan mendukung tujuh bahasa. Pada saat yang sama, fungsi ini juga dapat mengenali objek dan pemandangan.

iOS 15 SIRI

Asisten digital Apple yaitu Siri, sekarang menangani audio di perangkat secara default. Artinya, pengguna dapat memakai fitur ini tanpa koneksi internet. Apple mengklaim bahwa peningkatan ini juga akan membuat Siri lebih responsif.

Menurut Apple, pemrosesan audio di perangkat juga akan membuat penggunaan Siri lebih pribadi. Hal ini nantinya mengikuti preferensi yang ditetapkan perusahaan untuk menerapkan fungsi pembelajaran mesin di perangkat alih-alih mengirim data ke cloud.

Juru bicara Apple juga menegaskan bahwa langkah ini juga berfungsi untuk mengatasi masalah privasi yang dikeluhkan pada mode Siri, yaitu berupa rekaman yang tak diinginkan.

Baca juga: 6 Smartphone yang Mendarat di Indonesia Mei 2021

iOS 15 Wallet

iOS 15 menghadirkan kunci baru untuk rumah dan kantor pengguna di aplikasi Wallet, serta kunci hotel otomatis. Kemudian, kartu identitas juga akan datang ke Apple Wallet akhir tahun ini, nantinya akan dienkripsi dan disimpan dengan aman di Enklave Aman.

iOS Weather

Aplikasi Weather di iOS 15 kini menampilkan desain baru, juga menambahkan peta dalam aplikasi beresolusi tinggi. Selain itu, tampilan utamanya kini akan mengikuti cuaca pengguna di lokasi yang sedang mereka tinggali. Contohnya pada saat sedang turun hujan, maka tampilan akan berubah menjadi gelap dengan ilustrasi hujan.

iOS Maps

Aplikasi navigasi juga mendapatkan pembaruan dengan tampilan yang lebih segar dan detail lokasi, bangunan, dan berbagai tempat lainnya yang ikut diperkaya. Ada pula fitur Neaby Transit yang memungkinkan pengguna iOS 15 bernavigasi dengan mudah menggunakan kendaraan umum.

Selain itu, pembaruan ini juga dapat memudahkan pemberian informasi jalan yang lebih akurat, serta dapat membantu pengemudi dengan lebih banyak informasi lalu lintas dan kondisi jalan.

Baca juga: Series iPhone 13 Bakal Tawarkan Varian Warna Perunggu

Selain yang disebutkan di atas, iOS 15 juga mendukung pencarian suara Safari, drag and drop lintas aplikasi, serta fungsi Memoji baru.

Sementara itu pada acara konferensi WWDC kemarin, Apple juga mengumumkan terkait peningkatan iCloud. Pada konferensi pers ini, iCloud secara resmi ditingkatkan ke merek iCloud+. Alasan pemutakhiran ini adalah untuk meningkatkan perlindungan privasi pengguna.

iCloud+ tak hanya mengintegrasikan fitur iCloud yang disukai pengguna, tetapi juga memperkenalkan fitur baru berkualitas tinggi, termasuk alamat email tersembunyi, layanan perluasan video aman HomeKit, dan layanan privasi online yang inovatif (iCloud Private Relay), semuanya tanpa biaya tambahan. Terkait kapan pelanggan iCloud akan secara otomatis mendapatkan peningkatan ini sayangnya masih belum dipastikan oleh Apple.

Tonton juga video di bawah ini:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *